Pukis Pandan

RESEP

Kue Pukis Pandan Lembut

Di Indonesia sangat populer dengan kue pukis dan hampir setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing,  sebut saja di antaranya adalah kue pukis asal Banyumas dan Bangka.

Kue ini bewarna kecoklatan serta memiliki bentuk setengah lingkaran sebagai identitas aslinya, cara membuat kue pukis sudah banyak dimodifikasi dan dikombinasikan dengan aneka rasa dan taburan seperti coklat, keju, irisan daging, kacang atau yang lainnya sehingga menjadi hidangan spesial yang enak.

Cara membuat kue pukis pandan yang enak serta bertekstur lembut terbilang cukup mudah, untuk membuat kue pukis pandan berhasil mengembang dan lembut bisa mengikuti resep adonan dari Nardeen Indonesia dibawah ini :

bahkan cara membuat kue pukis sudah banyak dimodifikasi dan dikombinasikan dengan aneka rasa dan taburan seperti coklat, keju, irisan daging, kacang atau yang lainnya sehingga menjadi hidangan spesial yang enak.

Pukis hijau pasta pandan dari Nardeen merupakan salah satu variasi sederhana dalam membuat kue pukis yang empuk dan lembut di rumah secara praktis, sedangkan taburan atau toppingnya bisa menggunakan keju dan coklat meses atau dapat disuaikan dengan selera.

  1. 125 gram tepung terigu.
  2. 125 gram gula pasir.
  3. 150 ml santan encer dari 65 ml santan kara + air lalu dididihkan.
  4. 1/2 sdt ragi instan.
  5. 2 butir telur.
  6. 35 gram keju cheddar diparut.
  7. Margarin untuk mengoles secukupnya.
  8. Coklat meses untuk topping.
  9. PASTA PANDAN NARDEEN secukupnya
  1. Kocok telur dan gula pasir menggunakan mixer kecepatan tinggi hingga mengembang dan halus lalu ganti kecepatan mixer menjadi sedang.
  2. Campurkan tepung terigu dan ragi instan, aduk rata kemudian masukkan ke dalam kocokan telur secara bertahap. Setelah rata, masukkan santan yang sudah dididihkan dan aduk sampai rata. Matikan mixer dan diamkan adonan selama 30 menit.
  3. Masukkan keju dan PASTA PANDAN NARDEEN, aduk rata. Tuang adonan ke dalam cetakan kue pukis yang sudah dipanaskan dan diolesi tipis dengan margarin. Adonan jangan terlalu penuh karena akan mengembang, tutup sejenak dan jika sudah setengah matang taburi dengan meses atau topping lainnya lalu tutup kembali.
  4. Gunakan api kecil supaya tidak gosong, setelah kue pukis matang dan bagian bawahnya kecoklatan maka angkat dan siap untuk disajikan.
2. Pukis Pandan

Comments are closed.